Day: April 12, 2024

4 Alasan Utama Harus Memiliki Asuransi Mobil

Pemilik mobil di Indonesia sekarang mulai banyak yang mengambil asuransi mobil. Alasannya sangat beragam, salah satu contoh alasannya adalah asuransi mobil sekarang lebih mudah didapatkan karena perusahaan asuransi di Indonesia sekarang jumlahnya sangat banyak.

Pemilik mobil juga tidak perlu repot-repot datang ke kantor perusahaan asuransi untuk mengambil produk asuransi karena petugas asuransi sering berkeliling untuk mencari nasabah.

Alasan Wajib Memiliki Asuransi Mobil

Pemilik mobil yang belum mengetahui secara pasti apa itu asuransi mobil sebaiknya baca ulasan berikut ini agar mengetahui apa saja alasan yang mendasari banyak pemilik mobil memilih asuransi mobil.

Terhindar Dari Kerugian Finansial

Alasan utama harus memiliki asuransi adalah asuransi mobil dapat memberikan perlindungan finansial untuk pemilik mobil apabila terjadi kehilangan atau kerusakan mobil. Biaya penggantian atau biaya perbaikan yang cukup mahal bisa di cover semuanya tapi harus sesuai dengan kebijakan dan ketentuan pihak asuransi.

Jumlah biaya yang bisa di cover bisa mencapai puluhan juta rupiah dan bahkan bisa lebih dari itu apabila mobil yang diasuransikan merupakan mobil mahal. Dengan memanfaatkan asuransi ini maka pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perbaikan ataupun untuk membeli mobil baru apabila hilang.

Uang yang harusnya dipakai untuk kepentingan tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Agar memperoleh ganti rugi ini harus mengajukan klaim terlebih dahulu.

Ingin Selamat Saat Mengemudi

Mengemudikan mobil untuk melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek pastinya ingin selamat sampai tujuan. Pengendara bisa selamat mengendarai mobil apabila merasa tenang dan nyaman sewaktu berkendara.

Rasa tenang dan nyaman seperti ini akan didapatkan apabila mobil yang dikendarai sudah diasuransikan. Pemilik mobil banyak yang merasa takut saat berkendara karena takut mengalami kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa dan harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Kalau mobil sudah di asuransikan tidak perlu merasa takut seperti itu karena asuransi mobil bisa menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Biaya pengobatan rawat jalan maupun rawat inap sepenuhnya akan ditanggung pihak asuransi apabila kecelakaan yang terjadi murni dikarenakan ketidaksengajaan.

Selain itu, biaya perbaikan juga di cover asuransi jadi pemilik kendaraan tidak pusing memikirkan biaya perbaikan tersebut.

Baca juga : Pentingnya Mempunyai Asuransi Kendaraan Berkualitas

Ingin Memenuhi Persyaratan Hukum

Pemilik kendaraan mulai banyak yang mengambil asuransi dikarenakan ada peraturan pemerintah yang mengharuskan pemilik kendaraan bermotor untuk mempunyai asuransi mobil. Peraturan tersebut adalah Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2018 mengenai Jaminan Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Pemilik kendaraan diwajibkan untuk mengambil asuransi tersebut karena asuransi dapat memberikan perlindungan untuk pihak ketiga yang mengalami kerugian dikarenakan kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang diasuransikan.

Dengan mempunyai asuransi maka secara tidak langsung pemilik mobil sudah memenuhi persyaratan hukum dan terhindar dari denda atau sanksi yang dapat diberikan pemerintah saat mengetahui pemilik mobil belum memiliki asuransi.

Contoh sanksi yang mungkin akan didapatkan adalah mendapatkan teguran tertulis dan diharuskan membayar denda administrasi sebanyak 250 ribu sampai 1 juta.

Ingin Merasakan Manfaat Tambahan

Selain ingin mematuhi hukum, ternyata ada alasan lain yang membuat pemilik mobil tertarik dengan asuransi mobil. Alasannya adalah ingin merasakan manfaat lain dari asuransi mobil, pemilik mobil memang bisa merasakan banyak manfaat dari asuransi mobil bukan sebatas mendapatkan ganti rugi saja tetapi ada manfaat lainnya.

Contohnya adalah mendapatkan jaminan kerusakan kaca depan, kerusakan mesin, ban mobil dan lain sebagainya. Kalau perusahaan yang dipilih merupakan perusahaan yang berkualitas bisa juga mendapatkan bantuan darurat apabila pemilik mobil sedang mengalami masalah di jalanan.

Contohnya mobil mogok atau mobil kehabisan bahan bakar. Jadi kalau tertarik dengan asuransi mobil sebaiknya pilih produk asuransi yang dikeluarkan perusahaan asuransi terpercaya dan ternama di Indonesia agar manfaat yang didapatkan lebih lengkap.

Baca juga : Mengapa Asuransi Mobil Sangat Diperlukan?

Cara Menghemat Premi Asuransi Mobil

Pemilik mobil yang sudah mempunyai asuransi mobil diharuskan untuk membayar premi sesuai dengan jumlah yang ditentukan perusahaan asuransi. Pembayaran premi ini harus dilakukan secara rutin setiap bulan sesuai tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati.

Pemilik mobil yang ingin biaya preminya lebih murah sebaiknya berhati-hati memilih mobil yang ingin diasuransikan karena jenis atau tipe mobil yang diasuransikan sangat berpengaruh pada biaya premi. Kalau ingin preminya tidak terlalu mahal sebaiknya memilih mobil yang ukurannya kecil dengan fitur keselamatan yang canggih.

Mobil seperti ini preminya tidak terlalu mahal, berbeda dengan mobil sport yang memiliki mesin kapasitas besar. Kalau mobil sport biasanya preminya mahal dikarenakan biaya perbaikan yang harus di cover perusahaan asuransi apabila mobil ini mengalami kerusakan sangatlah besar.

Agar perusahaan tidak rugi maka premi asuransi mobil sport akan diperbanyak jumlahnya. Untuk masyarakat yang belum memiliki mobil sebaiknya beli mobil yang kapasitasnya tidak terlalu besar agar premi yang dibayarkan terjangkau.